Source : Professtama News

Holaa, people! Minggu ini kita bakalan bahas tentang Machine Learning yang cocok banget buat dipelajarin sama pemula dengan menggunakan Python. Kebetulan ini salah satu modul yang ada di Career Track nya DQLab dan dimentorin langsung sama kak Trisna Yulia Junita, Data Scientist di BUMA. Wah, aku udah penasaran banget nih, kalian juga kan? Kalau gitu, yuk simak materinya!

Pengenalan Machine Learning

Apa sih Machine Learning itu?

Machine Learning adalah teknik dimana komputer dapat mengekstraksi atau mempelajari pola dari suatu data, kemudian dengan pola yang telah dipelajari dari data historis, komputer mampu mengenali dan memprediksi trend, hasil atau kejadian di masa mendatang atau dari observasi baru tanpa perlu diprogram…


Source : https://www.fellow-consulting.com/data-analysis-with-pandas/

Holaaa people!

Weekend produktif kali ini kita akan ngelanjutin buat ngerjain rangkaian modul dari DQLab Career Track, yaitu Data Manipulation With Pandas.

Check it out!

Apa sih Pandas itu?

Pandas adalah library python open source yang biasanya digunakan untuk kebutuhan data analisis. Pandas membuat Python supaya dapat bekerja dengan data yang berbentuk tabular seperti spreadsheet dengan cara pemuatan data yang cepat, manipulasi data, menggabungkan data, serta ada berbagai fungsi yang lain.

Memanggil Library Pandas

Untuk memanggil library pandas cukup dengan meng-import nya, biasanya ketika memanggil library pandas, library numpy juga akan ikut dipanggil sehingga syntax nya menjadi seperti ini,

import pandas as pd
import…


Source : https://www.dataanalyst.academy/having-clause/

Holaaa, balik lagi bareng Gifa. Nah, di kesempatan yang menyenangkan ini kita bakalan bahas tentang fungsi HAVING yang ada di SQL. Ini tuh jadi salah hal fundamental banget yang harus dikuasai.

Penasaran kan Fungsi Having itu kayak gimana? Yuk, baca sampai akhir ya!

Untuk apa Having digunakan dalam query?

HAVING digunakan untuk menggantikan WHERE ketika menggunakan Group BY yang datanya di aggregasi.

Secara umum HAVING digunakan setelah melakukan GROUP BY berikut sintaks yang digunakan:

SELECT nama_kolom
FROM nama_table
GROUP BY nama_kolom
HAVING kondisi

Misalkan disini kita menggunakan data yang mencerminkan data berlangganan dari perusahaan penyedia jasa jaringan internet (sumber …


Holaaa, people!

Balik lagi nih bareng aku. Nah, sekarang kita bakalan bahas tentang salah satu hal fundamental yang ada di dalam SQL, yaitu statement “SELECT”. Kebetulannya, materi ini termasuk ke bagian Career Track Module nya DQLab, dengan mentornya kak Trisna Julia Yunita (Data Scientist PT. BUMA).

Module DQLab yang ini jadi salah satu module yang ngebantu aku buat ngelewatin tahap wawancara. Btw aku udah sempat wawancara juga sebelumnya dengan perusahaan lain, dan yang ditanyain juga tentang SQL. Jadi buat kalian yang bercita-cita bekerja di bidang data, at least kalian harus ngerti fundamental dari SQL ini.

Nah, penasaran kan gimana caranya…


Hola people! Balik lagi bareng aku. Kali ini kita bakalan bahas tentang Python untuk Professional Beginner. Penasaran kita bakalan bahas apa aja? Check it out!

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bersifat open source dan ditujukan untuk general-purpose programming dan termasuk dalam kategori high-level programming language. Bahasa pemrograman Python diciptakan oleh Guido van Rossum dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991.

Pada bagian general-purpose programming language, Python digunakan untuk berbagai macam permasalahan seperti: pengembangan aplikasi web ataupun mobile, data science, dll. …


Source : Tribun News

Holaaa people, balik lagi bareng aku. Kali ini aku lagi ngikutin DQ-Weekend Challenge dari DQLab tentang Data COVID-19 di Dunia dan di ASEAN dengan menggunakan python.

Covid19 adalah pandemi yang sudah mewabah ke seluruh dunia. Sebagian besar negara-negara di dunia sudah terjangkit. Penanganan tiap-tiap negara pun berbeda, sesuai dengan kebijakan pemerintah. Hal ini mengakibatkan perbedaan trend kenaikan atau penurunan kasus covid berbeda-beda tiap negara.

Di Indonesia kondisi pandemi terbilang cukup mengkhawatirkan, mengingat angka kasus positif terus meningkat setiap harinya. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bahkan “menarik rem mendadak”. …


Source : Square Space

Holaaa! balik lagi nih bareng aku. Di kesempatan kali ini kita bakalan bahas tentang Customer Churn Analysis.

Jadi customer churn merupakan sebuah istilah yang digunakan ketika pelanggan yang menghentikan layanan pada perusahaan A, ataupun mengganti dengan layanan dari perusahaan lain.

Untuk part ini, kita akan mempelajari tentang proses cleansing sebelum mulai untuk memprediksi.

Penasaran kan? Stay tune ya.

Latar Belakang

DQLab Telco merupakan perusahaan Telco yang sudah mempunyai banyak cabang tersebar dimana-mana. Sejak berdiri pada tahun 2019, DQLab Telco konsisten untuk memperhatikan customer experience nya sehingga tidak akan di tinggalkan pelanggan.

Walaupun baru berumur 1 tahun lebih sedikit, DQLab Telco sudah mempunyai…


Source : https://www.quora.com/What-is-clustering

Holaa! Balik lagi nih bareng aku, Gifa. Sesuai janjiku, sekarang kita bakalan ngebahas gimana kalau ada data baru, apakah bisa langsung dimasukkan ke dalam “paket K-Means” tanpa melakukan analisis ulang? Nah stay tune ya!

Untuk bisa memahami part ini, kalian harus baca tulisan aku tentang Customer Segmentation yang part 1 nya. Karena ini merupakan lanjutan dari analisis yang ada di part 1.

Menamakan Segmen

Langkah pertama nih, kita harus menamakan segmen sesuai karakteristiknya.

Untuk membantu, gambar berikut menunjukkan nilai mean tiap kolom yang digunakan tiap cluster dan juga nilai kolom sebelum konversi.


Source : https://www.retailreco.com/blog/rfm-analysis-methodology/

Holaa! Di kesempatan ini bakalan belajar tentang Customer Segmentation. Penasaran itu apa? Stay tune!

Customer segmentation adalah proses penting yang diperlukan di bisnis untuk mengenal customer dengan lebih baik.

Dengan demikian proses bisnis di marketing (pemasaran) dan CRM (customer relationship management) bisa dilakukan lebih tajam. Contoh: pesan marketing bisa lebih personal untuk setiap segment dengan biaya lebih optimal. Sehingga performa bisnis berpotensi tinggi menjadi lebih baik juga.

Untuk menemukan segmentasi yang baik, perlu proses analisa data dari profile customer yang cukup banyak dan rutin. Ini bisa dibantu dengan algoritma komputer.

Dataset yang kita gunakan saat ini adalah data customer yang…


Source : https://www.immersa-lab.com/mengenal-apa-itu-chatbot-dan-cara-kerjanya.htm

Holaa people! Balik lagi bareng aku. Pernah gak sih kalian denger tentang chatbot?

Nah, kali ini kita bakalan bahas tentang chatbot dengan Websocket Server.

Apa sih Chatbot itu?

Chatbot terdiri dari dua kata, yaitu chat yang merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi melalui media pesan atau tulisan, dan bot yang merupakan suatu program yang memiliki pengetahuan untuk memberikan respon sesuai perintah yang diterima (Suryani & Amalia, 2017).

Penggabungan antara teknologi Artificial Intelligence (AI), Machine Learning, Deep Learning, dan Natural Language Processing (NLP) menciptakan teknologi chatbot.

Chatbot menjadi salah satu kecanggihan yang dapat menggantikan suatu pekerjaan manusia. …

Gifa Delyani Nursyafitri

Ku abadikan disini, karena aku paham betul bahwa ingatan manusia terbatas.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store